PELAKSANAAN SUPERVISI GURU KELAS TERHADAP SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU

Main Author: Azhar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8137/1/2012_2012804.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8137/
Daftar Isi:
  • Berhasil atau tidaknya seorang siswa di dalam kegiatan belajar, pada dasarnya sangat tergantung dari cara Guru yang mengawasi siswa dalam belajar. Dengan pengawasan guru inilah yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru. penelitian ini terdiri dari 1 variabel yaitu Pelaksanaan Supervisi Guru Kelas Terhadap Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelakanaan supervisi guru kelas terhadap siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru kelas Madrasah Ibtidaiyah amal Ikhlas Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi guru kelas terhadap siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Amal Ikhlas Pekanbaru. Populasi penelitian adalah semua Guru Kelas yang berjumlah 6 orang. Sumber data diambil melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah analisis deskriftif kualitatif dengan Rumus yang digunakan untuk menganalisanya adalah P= x100% N F . Hasil penelitiannya adalah: Pelaksanaan supervisi guru kelas terhadap siswa dalam proses belajar mengajar dikategorikan baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan sebesar 77,89% Pelaksanaan supervisi yang dilakukan guru kelas terhadap siswa dalam proses belajar mengajar cukup memadai, sesuai dengan hasil wawancara bahwa guru tersebut mampu mangatur siswa dan kelasnya, mendidik, memperhatikan dan membimbing siswanya dalam belajar.