PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Susriani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8133/1/2012_2012787.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8133/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan atau pengamatan awal yang penulis lakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V tergolong rendah. Sehingga membuat penulis tertarik untuk melakukan tindakan perbaikan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Deep Dialogue, karena model ini diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri dari aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Hal ini diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, hingga siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa telah menunjukkan ketuntasan yang berarti, yaitu telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%, yaitu dengan rata-rata 88,89%.