PENERAPAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 017 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Main Author: Hefni Yosiana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8132/1/2012_2012781.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8132/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Strategi Kreatif-Produktif dapat meningkatkan aktivitas belajar Sains pada materi tumbuhan hijau siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kreatifproduktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I ini aktivitas belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 100 berada pada rentang 75 – 111,5. Walaupun aktivitas belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I masih mencapai 66,67% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Sedangkan siklus II aktivitas belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 123 berada pada rentang 112,5–150. Kemudian aktivitas belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 82,00% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran kreatifproduktif dapat meningkatkan aktivitas belajar Sains pada materi tumbuhan hijau siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.