PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS III B SEKOLAH DASAR NEGERI 147 PEKANBARU
Main Author: | Husni Pertiwi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8096/1/2012_2012679.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8096/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pemberian tugas dan resitasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas III B SDN 147 Pekanbaru, Dalam penehtian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui 3 siklus. pada sikius 1 diketahui hasil belajar siswa tergolong rendah, hanya mencapai 61.43%, dikarenakan belum tercapainya indikator keberhasilan, setelah dilakukan refleksi maka pada siklus 2 meningkat menjadi 69,05% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 74,76% dengan kategori cukup. Dan data ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dan resitasi dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas III B SDN 147 Pekanbaru.