PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BELUTU KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK
Main Author: | Marsila, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8088/1/2012_2012643.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8088/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 010 Belutu Kecamatan Kandis, pada kelas V menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang dilaksanakan maupun nilai mid semester siswa yang mayoritas di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar murid tersebut penulis menerapkan strategi pembelajaran Prediction Guide untuk meningkatkan hasil belajar murid. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, sebelum dilakukan tindakan rata-rata persentase siswa 60,5. Setelah dilakukan siklus I, hasil belajar siswa meningkat, sehingga mencapai rata-rata 63. Kemudian dilakukan siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran predicton guide dapat meningkatkan hasil belajar IPA murid pada materi pokok bumi dan alam semesta di kelas V SD Negeri 010 Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.