PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU
Main Author: | Dewi Susanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8077/1/2012_2012597.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8077/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 136 Pekanbaru. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) tingkat pendidikan orangtua siswa kelas IV di SDN 136 Pekanbaru (2) apakah ada pengaruh antara tingkat pendidikan orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 136 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa kelas IV di SDN 136 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 136 Pekanbaru. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 136 Pekanbaru yang berjumlah 86 orang. Mengingat populasi sedikit, maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil dengan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik korelasi koefisien kontingensi. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan bahwa tingkat pendidikan orangtua mempunyai pengaruh yang signifikan dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi koefisien phi (φ) lebih besar daripada r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% yaitu : 0,425.