PENERAPAN STRATEGI PUNGGUNG DENGAN PUNGGUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Reni Hidayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8075/1/2012_2012594.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8075/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Strategi Punggung dengan Punggung sehingga meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam pene litian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Punggung dengan Punggung dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Setelah penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Punggung dengan Punggung dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Sebagaimana diketahui ketuntasan hasil belajar siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (45,45%) siswa yang tuntas, sedangkan 12 orang siswa (54,55%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang (63,64%) siswa yang tuntas. Sedangkan 8 orang siswa (36,36%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,36% atau sekitar 19 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.