PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Eldas Fitri, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8070/1/2012_2012574.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8070/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan strategi pembelajaran think talk write pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan strategi pembelajaran think talk write pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?” Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Penyasawan. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi pembelajaran think talk write. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument soal tes essay, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pada pembelajaran pra tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 14 siswa yaitu 6 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 42,85. Sedangkan melalui penerapan strategi pembelajaran think talk write, pada siklus I diperoleh 9 siswa tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan ketuntasan klasikal 64,29. Pada siklus II diperoleh 14 siswa tuntas dengan ketuntasan klasikal 100.