PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Andesri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8053/1/2012_2012297.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8053/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif denga teknik Nominal Group. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif denga teknik Nominal Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses belajar mengajar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 013 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 25 orang siswa. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah Bilangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi, observasi dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan dilaksanakan, hasil belajar matematika siswa hanya mencapai ketuntasan 36%, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat hingga mencapai ketuntasan 68%. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dan telah mencapai ketuntasan kelas menjadi 80%. Data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif denga teknik Nominal Group dalam proses pembelajaran matematika secara tepat sesuai prosedur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.