PENERAPAN TEKNIK MASALAH YANG PALING TIDAK JELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SIMPANG TANAH LAPANG KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANSING

Main Author: Restu Fadhilah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8050/1/2012_2012291.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8050/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keutuhan NKRI siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Simpang Tanah Lapang Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuansing dengan penerapan teknik masalah yang paling tidak jelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan teknik masalah yang paling tidak jelas dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Keutuhan NKRI siswa kelas V Sekolah Dasar negeri 001 Simpang Tanah Lapang Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuansing?” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Simpang Tanah Lapang, yang berjumlah 36 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik masalah yang paling tidak jelas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengambilan data dalam penelitan ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dengan rata-rata 60,27 meningkat menjadi 64,72 dengan persentase 47% pada siklus I dan 80,83 dengan persentase 86% pada siklus II.