PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Leni Rosaria,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8045/
ctrlnum 8045
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8045/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK&#xD; MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA&#xD; SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001&#xD; ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN&#xD; INDRAGIRI HILIR</title><creator>Leni Rosaria, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan&#xD; pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar&#xD; Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok.Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas&#xD; V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir ditemui gejalagejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Matematika seperti siswa hanya&#xD; menjawab soal dengan cara singkat dalam mengerjakan soal matematika selain&#xD; yang diberikan oleh guru, siswa sudah memperhatikan dengan baik pelajaran&#xD; matematika yang guru berikan, tetapi siswa sulit membuat gagasan baru karena&#xD; hanya fokus kepada contoh penyelesaian yang dipraktekan oleh guru, siswa belum&#xD; mampu menuangkan imajinasi kreatifnya berupa ide-ide baru untuk&#xD; menyelesaikan soal matematika sehingga tidak dapat mencapai nilai KKM yang&#xD; guru tentukan, dan siswa sulit untuk mengembangkan ide kreativitasnya karena&#xD; soal yang diberikan guru terlalu sulit serta siswa tidak percaya diri terhadap&#xD; kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan&#xD; soal yang guru berikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba&#xD; untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok&#xD; dengan menerapkan pembelajaran model Treffinger.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 001 Enok. Bentuk penelitian&#xD; ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian&#xD; ini terdiri dari instrumen observasi guru dan murid dalam proses belajar dan&#xD; mengajar dengan pembelajaran model Treffinger. Berdasarkan pengamatan dan&#xD; penilaian kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok pada siklus&#xD; 1 dan Siklus 2, menunjukkan peningkatan disbanding ssebelum tindakan.&#xD; Kreativitas belajar siswa sebelum tindakan hanya pada persentase 60%, setelah&#xD; diadakan tindakan pada siklus 1, kreativitas belajar siswa meningkat dengan&#xD; persentase rata-rata 70,1%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh persentase rata-rata&#xD; secara klasikal 83,7% tergolong dalam kategori sangat kreative. Dari data di atas&#xD; diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan murid&#xD; dengan kreativitas siswa terhadap pelajaran Matematika.&#xD; Dengan demikian, penerapan pembelajaran model Treffinger dapat&#xD; meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok&#xD; Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil karena telah&#xD; memenuhi standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut.</description><date>2012-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf</identifier><identifier> Leni Rosaria, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8045</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Leni Rosaria,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8045/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok.Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir ditemui gejalagejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Matematika seperti siswa hanya menjawab soal dengan cara singkat dalam mengerjakan soal matematika selain yang diberikan oleh guru, siswa sudah memperhatikan dengan baik pelajaran matematika yang guru berikan, tetapi siswa sulit membuat gagasan baru karena hanya fokus kepada contoh penyelesaian yang dipraktekan oleh guru, siswa belum mampu menuangkan imajinasi kreatifnya berupa ide-ide baru untuk menyelesaikan soal matematika sehingga tidak dapat mencapai nilai KKM yang guru tentukan, dan siswa sulit untuk mengembangkan ide kreativitasnya karena soal yang diberikan guru terlalu sulit serta siswa tidak percaya diri terhadap kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan soal yang guru berikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok dengan menerapkan pembelajaran model Treffinger. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 001 Enok. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen observasi guru dan murid dalam proses belajar dan mengajar dengan pembelajaran model Treffinger. Berdasarkan pengamatan dan penilaian kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok pada siklus 1 dan Siklus 2, menunjukkan peningkatan disbanding ssebelum tindakan. Kreativitas belajar siswa sebelum tindakan hanya pada persentase 60%, setelah diadakan tindakan pada siklus 1, kreativitas belajar siswa meningkat dengan persentase rata-rata 70,1%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh persentase rata-rata secara klasikal 83,7% tergolong dalam kategori sangat kreative. Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan murid dengan kreativitas siswa terhadap pelajaran Matematika. Dengan demikian, penerapan pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil karena telah memenuhi standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut.
id IOS7815.8045
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:39Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:39Z
recordtype dc
_version_ 1674821921718403072
score 17.538404