PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Main Author: | Leni Rosaria, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8045/ |
ctrlnum |
8045 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/8045/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK
MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001
ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN
INDRAGIRI HILIR</title><creator>Leni Rosaria, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan
pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar
Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok.Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas
V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir ditemui gejalagejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Matematika seperti siswa hanya
menjawab soal dengan cara singkat dalam mengerjakan soal matematika selain
yang diberikan oleh guru, siswa sudah memperhatikan dengan baik pelajaran
matematika yang guru berikan, tetapi siswa sulit membuat gagasan baru karena
hanya fokus kepada contoh penyelesaian yang dipraktekan oleh guru, siswa belum
mampu menuangkan imajinasi kreatifnya berupa ide-ide baru untuk
menyelesaikan soal matematika sehingga tidak dapat mencapai nilai KKM yang
guru tentukan, dan siswa sulit untuk mengembangkan ide kreativitasnya karena
soal yang diberikan guru terlalu sulit serta siswa tidak percaya diri terhadap
kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan
soal yang guru berikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba
untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok
dengan menerapkan pembelajaran model Treffinger.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 001 Enok. Bentuk penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian
ini terdiri dari instrumen observasi guru dan murid dalam proses belajar dan
mengajar dengan pembelajaran model Treffinger. Berdasarkan pengamatan dan
penilaian kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok pada siklus
1 dan Siklus 2, menunjukkan peningkatan disbanding ssebelum tindakan.
Kreativitas belajar siswa sebelum tindakan hanya pada persentase 60%, setelah
diadakan tindakan pada siklus 1, kreativitas belajar siswa meningkat dengan
persentase rata-rata 70,1%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh persentase rata-rata
secara klasikal 83,7% tergolong dalam kategori sangat kreative. Dari data di atas
diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan murid
dengan kreativitas siswa terhadap pelajaran Matematika.
Dengan demikian, penerapan pembelajaran model Treffinger dapat
meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok
Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil karena telah
memenuhi standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut.</description><date>2012-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf</identifier><identifier> Leni Rosaria, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>8045</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Leni Rosaria, |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER UNTUK
MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001
ENOK KECAMATAN ENOK KABUPATEN
INDRAGIRI HILIR |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/8045/1/2012_2012265.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8045/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan
pembelajaran model Treffinger dapat meningkatkan kreativitas belajar
Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok.Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas
V SDN 001 Enok Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir ditemui gejalagejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Matematika seperti siswa hanya
menjawab soal dengan cara singkat dalam mengerjakan soal matematika selain
yang diberikan oleh guru, siswa sudah memperhatikan dengan baik pelajaran
matematika yang guru berikan, tetapi siswa sulit membuat gagasan baru karena
hanya fokus kepada contoh penyelesaian yang dipraktekan oleh guru, siswa belum
mampu menuangkan imajinasi kreatifnya berupa ide-ide baru untuk
menyelesaikan soal matematika sehingga tidak dapat mencapai nilai KKM yang
guru tentukan, dan siswa sulit untuk mengembangkan ide kreativitasnya karena
soal yang diberikan guru terlalu sulit serta siswa tidak percaya diri terhadap
kemampuan mereka dalam mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan
soal yang guru berikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mencoba
untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok
dengan menerapkan pembelajaran model Treffinger.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 001 Enok. Bentuk penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian
ini terdiri dari instrumen observasi guru dan murid dalam proses belajar dan
mengajar dengan pembelajaran model Treffinger. Berdasarkan pengamatan dan
penilaian kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok pada siklus
1 dan Siklus 2, menunjukkan peningkatan disbanding ssebelum tindakan.
Kreativitas belajar siswa sebelum tindakan hanya pada persentase 60%, setelah
diadakan tindakan pada siklus 1, kreativitas belajar siswa meningkat dengan
persentase rata-rata 70,1%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh persentase rata-rata
secara klasikal 83,7% tergolong dalam kategori sangat kreative. Dari data di atas
diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan murid
dengan kreativitas siswa terhadap pelajaran Matematika.
Dengan demikian, penerapan pembelajaran model Treffinger dapat
meningkatkan kreativitas belajar Matematika siswa kelas V SDN 001 Enok
Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil karena telah
memenuhi standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut. |
id |
IOS7815.8045 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:39Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821921718403072 |
score |
17.538404 |