PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS V MIS SABILUL MUTTAQIN SUNGAI DUNGUN SANGLAR KECAMATAN RETEH

Main Author: SUPRIYONO,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8/1/2013_2013124PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar IPS siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MIS Sabilul Muttaqin Sungai Dungun Sanglar Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu keaktifan belajar IPS siswa variabel X, dan penggunaan Strategi Jigsaw Learning variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil observasi sebelum tindakan hasil belajar rata-rata 27% dengan kategori tidak aktif. Pada siklus I keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 58% dengan klasifikasi cukup aktif. Sedangkan pada siklus II keaktifan siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 88% dengan klasifikasi sangat aktif. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran IPS melalui penerapan strategi Jigsaw Learning pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MIS SabilulMuttaqin Sungai Dungun Sanglar Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya.