PENERAPAN STRATEGI DALANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SDN 015 SUNGAI SALAK KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Hadijah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7942/1/2012_2012242.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7942/
Daftar Isi:
  • Salah satu alternatif yang bisa dilakukan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi PAI yaitu dengan penerapan strategi dalang. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang menyatakan bahwa salah satu cara menggerakkan motivasi belajar adalah dengan pelaksanaan kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi dalang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Data dikumpulkan melalui observasi dan dari hasil kerja tugas kelompok siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu penerapan strategi dalang pada mata pelajaran pendidikan agama islam dikelas IV SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir dapat mempengaruhi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini karena metode pembelajaran ini langsung melibatkan seluruh siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Disamping itu, pada strategi dalang ini setiap siswa diminta untuk bekerjasama dengan kelompoknya. Sehingga membuat suasana belajar menjadi lebih baik dan menyenangkan. Dengan penerapan strategi dalang motivasi belajar siswa kelas IV SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir akan muncul dan bertambah. Baik motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri (intrinsik) maupun motivasi yang bersal dari luar diri (ekstrinsik). Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan strategi dalang ini seluruh siswa diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang digulirkan kepadanya. Sehingga membuat siswa tersebut termotivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar.