PARTISIPASI SISWA DALAM MEMAJUKAN KOPERASI “TELADAN” DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Putri Mardianti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7918/1/2012_201220.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7918/
Daftar Isi:
  • Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Koperasi sekolah didirikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa dalam berorganisasi. Di dalam koperasi keikutsertaan atau partisipasi merupakan modal yang sangat penting. Tetapi hanya sebahagian siswa yang turut berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan koperasi sekolah. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu kebanyakan anggota koperasi bersifat pasif, kurangnya minat siswa untuk membeli barang-barang di koperasi sekolah,tidak lengkapnya barang-barang yang disediakan oleh koperasi sekolah, dan rendahnya pengetahuan siswa tentang koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi siswa dalam memajukan koperasi teladan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan pengurus koperasi. Sedangkan objeknya adalah partisipasi siswa dalam memajukan koperasi teladan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang ikut dalam kegiatan koperasi yang berjumlah 73 orang. Pengumpulan data tentang partisipasi siswa dalam memajukan koperasi dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan dianalisa dengan teknik kualitatif. Partisipasi siswa dalam memajukan koperasi dikategorikan menjadi 5 bagian yaitu: sangat baik jika 81-100%, baik jika 61- 80%, cukup baik jika 41-60%, kurang baik jika 21-40%, sangat kurang baik jika 0-20%. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan bahwa partisipasi siswa dalam memajukan koperasi teladan ini dikategorikan sangat baik yaitu 83,89%.