PENGARUH MINAT DAN KESIAPAN MENTAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERPADU KELAS VII SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DAR AL-MA’ARIF PEKANBARU
Main Author: | Indah Yuliana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7913/1/2012_201212.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7913/ |
Daftar Isi:
- Berhasil atau tidaknya seorang siswa di dalam kegiatan belajar, pada dasarnya sangat dipengaruhi dari minat dan kesiapan mental siswa itu sendiri. Dengan minat dan kesiapan mental inilah yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Dar Al- Ma’arif Pekanbaru, penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu (Minat, Kesiapan Mental dan Hasil Belajar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh minat dan kesiapan mental terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas VII siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Dar Al-Ma’arif Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Dar AL-Ma’arif Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh minat dan kesiapan mental terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu AL-Ma’arif Pekanbaru. Populasi penelitian adalah semua siswa Kelas VII yang berjumlah 10 orang. Sumber data diambil melalui angket dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah analisis deskriftif kuantitatif dengan Rumus yang digunakan untuk menganalisanya adalah regresi berganda adalah: Y= a + b 1 X 1 + b 2 X 2. Penelitian ini dibantu dengan program SPSS versi 13. Hasil penelitiannya adalah: 1 Minat siswa terhadap pelajaran IPS dikategorikan sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan sebesar 84.80%. dan pada minat ini juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu pada sig = 0.000 < 0.05. 2 Kesiapan mental siswa terhadap pelajaran IPS dikategorikan sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan sebesar 82.93%. dan pada kesiapan mental ini juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu pada sig = 0.000 < 0.05. 3 Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu siswa terhadap pelajaran IPS dikategorikan sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan sebesar 60%. 4 Secara bersamaan minat berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu pada signifikan 0.003 < 0.05, dan kesiapan mental berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu pada signifikan 0.028 < 0.05.