PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU

Main Author: Hamdani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7908/
ctrlnum 7908
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7908/</relation><title>PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN&#xD; PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES&#xD; BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH&#xD; DAN ILMU KOMUNIKASI&#xD; UIN SUSKA RIAU</title><creator>Hamdani, </creator><subject>302.2 Komunikasi</subject><description>Perguruan tinggi memikul tanggung jawab dalam pembinaan mahasiswa&#xD; untuk mencapai kesuksesan yakni dengan cara mendorong mahasiswa untuk&#xD; melakukan kegiatan studi secara optimal, baik dalam perkuliahan dan kehidupan&#xD; mahasiswa selama menjalani studi. Kenyataan menunjukkan belum banyak&#xD; mahasiswa yang terbuka pada dirinya sendiri, mahasiswa sukar mengambil&#xD; kebijakan yang tepat untuk dirinya terutama yang berhubungan dengan studinya.&#xD; Kondisi tersebut mengisyaratkan bahwa bantuan pelayanan kepada mahasiswa&#xD; sangat diperlukan dengan cara mengefektifkan bimbingan akademik melalui&#xD; dosen penasehat akademik. Namun terkadang bimbingan akademik belum&#xD; dijalankan secara maksimal sesusuai dengan tugas dan fungsi penasehat akademis,&#xD; sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda bagi mahasiswa&#xD; Dari perbedaan persepsi terhadap Penasehat Akademis tersebut maka&#xD; penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini yaitu&#xD; bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap penasehat akademis dalam proses&#xD; bimbingan akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif&#xD; dengan persentase yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam&#xD; bentuk angka dan kalimat. Yang menjadi populasi dalam peneltian ini adalah&#xD; mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi (FDIK) UIN Suska Riau&#xD; angkatan 2010 yaitu sebanyak 340 orang, dari populasi tersebut yang menjadi&#xD; sampel penelitian ini adalah 15% dari mahasiswa FDIK yaitu sebanyak 51 orang&#xD; dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan&#xD; observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 51&#xD; angket yang terdiri 20 pertanyaan dengan alternatif jawaban A, B, C, D.&#xD; Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel rekapitulasi,&#xD; jawaban responden selanjutnya dihitung persentase skor jawaban responden. Dari&#xD; hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa&#xD; persepsi mahasiswa terhadap dosen penasehat akademis dalam proses bimbingan&#xD; akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau adalah&#xD; kurang baik dengan nilai persentase 54,8%.</description><date>2013-09-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf</identifier><identifier> Hamdani, (2013) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7908</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hamdani,
title PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU
publishDate 2013
topic 302.2 Komunikasi
url http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7908/
contents Perguruan tinggi memikul tanggung jawab dalam pembinaan mahasiswa untuk mencapai kesuksesan yakni dengan cara mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan studi secara optimal, baik dalam perkuliahan dan kehidupan mahasiswa selama menjalani studi. Kenyataan menunjukkan belum banyak mahasiswa yang terbuka pada dirinya sendiri, mahasiswa sukar mengambil kebijakan yang tepat untuk dirinya terutama yang berhubungan dengan studinya. Kondisi tersebut mengisyaratkan bahwa bantuan pelayanan kepada mahasiswa sangat diperlukan dengan cara mengefektifkan bimbingan akademik melalui dosen penasehat akademik. Namun terkadang bimbingan akademik belum dijalankan secara maksimal sesusuai dengan tugas dan fungsi penasehat akademis, sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda bagi mahasiswa Dari perbedaan persepsi terhadap Penasehat Akademis tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini yaitu bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap penasehat akademis dalam proses bimbingan akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam bentuk angka dan kalimat. Yang menjadi populasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi (FDIK) UIN Suska Riau angkatan 2010 yaitu sebanyak 340 orang, dari populasi tersebut yang menjadi sampel penelitian ini adalah 15% dari mahasiswa FDIK yaitu sebanyak 51 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 51 angket yang terdiri 20 pertanyaan dengan alternatif jawaban A, B, C, D. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel rekapitulasi, jawaban responden selanjutnya dihitung persentase skor jawaban responden. Dari hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap dosen penasehat akademis dalam proses bimbingan akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau adalah kurang baik dengan nilai persentase 54,8%.
id IOS7815.7908
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:35Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:35Z
recordtype dc
_version_ 1674821921041022976
score 17.538404