PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU
Main Author: | Hamdani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7908/ |
ctrlnum |
7908 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7908/</relation><title>PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN
PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES
BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH
DAN ILMU KOMUNIKASI
UIN SUSKA RIAU</title><creator>Hamdani, </creator><subject>302.2 Komunikasi</subject><description>Perguruan tinggi memikul tanggung jawab dalam pembinaan mahasiswa
untuk mencapai kesuksesan yakni dengan cara mendorong mahasiswa untuk
melakukan kegiatan studi secara optimal, baik dalam perkuliahan dan kehidupan
mahasiswa selama menjalani studi. Kenyataan menunjukkan belum banyak
mahasiswa yang terbuka pada dirinya sendiri, mahasiswa sukar mengambil
kebijakan yang tepat untuk dirinya terutama yang berhubungan dengan studinya.
Kondisi tersebut mengisyaratkan bahwa bantuan pelayanan kepada mahasiswa
sangat diperlukan dengan cara mengefektifkan bimbingan akademik melalui
dosen penasehat akademik. Namun terkadang bimbingan akademik belum
dijalankan secara maksimal sesusuai dengan tugas dan fungsi penasehat akademis,
sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda bagi mahasiswa
Dari perbedaan persepsi terhadap Penasehat Akademis tersebut maka
penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini yaitu
bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap penasehat akademis dalam proses
bimbingan akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dengan persentase yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam
bentuk angka dan kalimat. Yang menjadi populasi dalam peneltian ini adalah
mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi (FDIK) UIN Suska Riau
angkatan 2010 yaitu sebanyak 340 orang, dari populasi tersebut yang menjadi
sampel penelitian ini adalah 15% dari mahasiswa FDIK yaitu sebanyak 51 orang
dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 51
angket yang terdiri 20 pertanyaan dengan alternatif jawaban A, B, C, D.
Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel rekapitulasi,
jawaban responden selanjutnya dihitung persentase skor jawaban responden. Dari
hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa
persepsi mahasiswa terhadap dosen penasehat akademis dalam proses bimbingan
akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau adalah
kurang baik dengan nilai persentase 54,8%.</description><date>2013-09-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf</identifier><identifier> Hamdani, (2013) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7908</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hamdani, |
title |
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN
PENASEHAT AKADEMIS DALAM PROSES
BIMBINGAN AKADEMIK DI FAKULTAS DAKWAH
DAN ILMU KOMUNIKASI
UIN SUSKA RIAU |
publishDate |
2013 |
topic |
302.2 Komunikasi |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/7908/1/2013_201379KOM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7908/ |
contents |
Perguruan tinggi memikul tanggung jawab dalam pembinaan mahasiswa
untuk mencapai kesuksesan yakni dengan cara mendorong mahasiswa untuk
melakukan kegiatan studi secara optimal, baik dalam perkuliahan dan kehidupan
mahasiswa selama menjalani studi. Kenyataan menunjukkan belum banyak
mahasiswa yang terbuka pada dirinya sendiri, mahasiswa sukar mengambil
kebijakan yang tepat untuk dirinya terutama yang berhubungan dengan studinya.
Kondisi tersebut mengisyaratkan bahwa bantuan pelayanan kepada mahasiswa
sangat diperlukan dengan cara mengefektifkan bimbingan akademik melalui
dosen penasehat akademik. Namun terkadang bimbingan akademik belum
dijalankan secara maksimal sesusuai dengan tugas dan fungsi penasehat akademis,
sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda bagi mahasiswa
Dari perbedaan persepsi terhadap Penasehat Akademis tersebut maka
penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini yaitu
bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap penasehat akademis dalam proses
bimbingan akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dengan persentase yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam
bentuk angka dan kalimat. Yang menjadi populasi dalam peneltian ini adalah
mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi (FDIK) UIN Suska Riau
angkatan 2010 yaitu sebanyak 340 orang, dari populasi tersebut yang menjadi
sampel penelitian ini adalah 15% dari mahasiswa FDIK yaitu sebanyak 51 orang
dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 51
angket yang terdiri 20 pertanyaan dengan alternatif jawaban A, B, C, D.
Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel rekapitulasi,
jawaban responden selanjutnya dihitung persentase skor jawaban responden. Dari
hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa
persepsi mahasiswa terhadap dosen penasehat akademis dalam proses bimbingan
akademik di fakultas dakwah dan ilmu komunikasi UIN Suska Riau adalah
kurang baik dengan nilai persentase 54,8%. |
id |
IOS7815.7908 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821921041022976 |
score |
17.538404 |