AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PT. XL AXIATA TBK PEKANBARU DALAM MEMPROMOSIKAN KARTU XMARTPLAN DI KOTA PEKANBARU

Main Author: Sumaiyah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7899/1/2013_201360KOM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7899/
Daftar Isi:
  • Salah satu perkembangan paling signifikan bagi dunia pemasaran terjadi pada tahun 1990-an dengan munculnya gerakan dibanyak perusahaan untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Perusahaan melakukan perubahan strategi pemasaran dari pemasaran tradisional beralih kepada Komunikasi Pemasaran Terpadu (integrated marketing communications/ IMC) yang terus berlanjut hingga saat ini. Berbagai perusahaan besar maupun kecil di negara maju saat ini sudah menggunakan pendekatan komunikasi pemasaran terpadu dalam menentukan perencanaan dan strategi komunikasi pemasaran mereka. Pada saat ini, persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Tidak terkecuali dengan operator seluler di Indonesia. Mereka harus mempunyai aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam mempromosikan produknya. Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah proses pengembangan dan implementasi berbagi bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Aktivitas Komunikasi Pemasaran PT. XL Axiata Tbk Pekanbaru dalam Mempromosikan Kartu XnartPlan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di PT. XL Axiata, dengan menggunakan Purvosive Sampling dimana dengan menggunakan Indepth Interview kepada divisi Marketing Communications dan yang menjalankan manajerial komunikasi pemasaran Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan selama lebih kurang satu setengah bulan menunjukan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh PT. XL Axiata dalam mempromosikan kartu XmartPlan di Kota Pekanbaru yaitu dengan cara mempengaruhi perilaku, berawal dari pelanggan dan calon pelanggan, menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan kontak, berusaha menciptakan sinergi dan menjalin hubungan.