PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN URUTAN NILAI LUHUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGANMEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 055 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Lili Suriani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7823/1/2012_2012193.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7823/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Strategi Pembelajaran Urutan Nilai Luhur pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 12 orang (54,55) siswa yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (45,45%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 16 orang (72,73%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (27,27%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,36% atau sekitar 19 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran urutan nilai luhur, dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 055 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.