PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU
Main Author: | Fitri Henni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7821/ |
ctrlnum |
7821 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7821/</relation><title>PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA
KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH
AMAL IKHLAS PEKANBARU</title><creator>Fitri Henni, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Twister
dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru
tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus tindakan. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat
pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan kartu soal, dan instrumen
pengumpul data yang terdiri dari lembar pengamatan terstruktur dan terfokus serta
tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil
observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan
menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Adapun data yang diperoleh
dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menghitung persentase ketercapaian
KKM indikator hasil belajar serta data keberhasilan tindakan dan pengamatan
terhadap aktivitas guru dan siswa dianalisis tiap siklus sebagai refleksi dari
keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan Twister dalam model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan geometri dan pengukuran
mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil
rata-rata persentase jumlah siswa yang mencapai KKM setelah tindakan
dibandingkan dengan sebelum tindakan. Persentase ketercapaian KKM pada
siklus I adalah 55,56% (10 orang) dan siklus II adalah 77,78% (14 orang) lebih
baik dibanding sebelum tindakan yaitu 44,45% (8 orang).</description><date>2012-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf</identifier><identifier> Fitri Henni, (2012) PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7821</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fitri Henni, |
title |
PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA
KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH
AMAL IKHLAS PEKANBARU |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7821/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Twister
dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru
tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus tindakan. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat
pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan kartu soal, dan instrumen
pengumpul data yang terdiri dari lembar pengamatan terstruktur dan terfokus serta
tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil
observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan
menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Adapun data yang diperoleh
dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menghitung persentase ketercapaian
KKM indikator hasil belajar serta data keberhasilan tindakan dan pengamatan
terhadap aktivitas guru dan siswa dianalisis tiap siklus sebagai refleksi dari
keseluruhan aspek yang diamati.
Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan Twister dalam model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan geometri dan pengukuran
mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil
rata-rata persentase jumlah siswa yang mencapai KKM setelah tindakan
dibandingkan dengan sebelum tindakan. Persentase ketercapaian KKM pada
siklus I adalah 55,56% (10 orang) dan siklus II adalah 77,78% (14 orang) lebih
baik dibanding sebelum tindakan yaitu 44,45% (8 orang). |
id |
IOS7815.7821 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:33Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821920492617728 |
score |
17.538404 |