PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU

Main Author: Fitri Henni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7821/
ctrlnum 7821
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7821/</relation><title>PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK&#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA&#xD; KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH&#xD; AMAL IKHLAS PEKANBARU</title><creator>Fitri Henni, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Twister&#xD; dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)&#xD; dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek&#xD; penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru&#xD; tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilaksanakan&#xD; dalam dua siklus tindakan. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat&#xD; pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan kartu soal, dan instrumen&#xD; pengumpul data yang terdiri dari lembar pengamatan terstruktur dan terfokus serta&#xD; tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil&#xD; observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan&#xD; menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Adapun data yang diperoleh&#xD; dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menghitung persentase ketercapaian&#xD; KKM indikator hasil belajar serta data keberhasilan tindakan dan pengamatan&#xD; terhadap aktivitas guru dan siswa dianalisis tiap siklus sebagai refleksi dari&#xD; keseluruhan aspek yang diamati.&#xD; Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan Twister dalam model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)&#xD; menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan geometri dan pengukuran&#xD; mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil&#xD; rata-rata persentase jumlah siswa yang mencapai KKM setelah tindakan&#xD; dibandingkan dengan sebelum tindakan. Persentase ketercapaian KKM pada&#xD; siklus I adalah 55,56% (10 orang) dan siklus II adalah 77,78% (14 orang) lebih&#xD; baik dibanding sebelum tindakan yaitu 44,45% (8 orang).</description><date>2012-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf</identifier><identifier> Fitri Henni, (2012) PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7821</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitri Henni,
title PENERAPAN TWISTER DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMAL IKHLAS PEKANBARU
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/7821/1/2012_2012162.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7821/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Twister dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen penelitian terdiri atas perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan kartu soal, dan instrumen pengumpul data yang terdiri dari lembar pengamatan terstruktur dan terfokus serta tes hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Adapun data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menghitung persentase ketercapaian KKM indikator hasil belajar serta data keberhasilan tindakan dan pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa dianalisis tiap siklus sebagai refleksi dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan Twister dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Amal Ikhlas Pekanbaru pada pokok bahasan geometri dan pengukuran mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase jumlah siswa yang mencapai KKM setelah tindakan dibandingkan dengan sebelum tindakan. Persentase ketercapaian KKM pada siklus I adalah 55,56% (10 orang) dan siklus II adalah 77,78% (14 orang) lebih baik dibanding sebelum tindakan yaitu 44,45% (8 orang).
id IOS7815.7821
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:33Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:33Z
recordtype dc
_version_ 1674821920492617728
score 17.538404