MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Salmah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7819/ |
ctrlnum |
7819 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7819/</relation><title>MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI
STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT
DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN
TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Salmah, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran Sains materi sumber daya alam di kelas IV SDN 002 Koto Aman
Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah Apakah Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi Sumber
Daya Alam di Kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten
Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat.
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011
dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang laki-laki dan 10
orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi
belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains
pada materi sumber daya alam.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus
I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi
“Tinggi”, dengan skor 69 berada pada rentang 60 – 89. Walaupun keaktifan belajar
siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih
mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%.
Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”,
dengan skor 95 berada pada rentang 60 – 89. Kemudian keaktifan belajar siswa pada
siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar
75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar
berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains pada
materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung
Hilir Kabupaten Kampar.</description><date>2012-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf</identifier><identifier> Salmah, (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7819</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Salmah, |
title |
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI
STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT
DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN
TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2012 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7819/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran Sains materi sumber daya alam di kelas IV SDN 002 Koto Aman
Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah Apakah Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi Sumber
Daya Alam di Kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten
Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat.
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011
dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang laki-laki dan 10
orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi
belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains
pada materi sumber daya alam.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus
I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi
“Tinggi”, dengan skor 69 berada pada rentang 60 – 89. Walaupun keaktifan belajar
siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih
mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%.
Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”,
dengan skor 95 berada pada rentang 60 – 89. Kemudian keaktifan belajar siswa pada
siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar
75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar
berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains pada
materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung
Hilir Kabupaten Kampar. |
id |
IOS7815.7819 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:08:33Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:08:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821920485277696 |
score |
17.538404 |