MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Salmah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7819/
ctrlnum 7819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/7819/</relation><title>MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI&#xD; STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT&#xD; DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN&#xD; TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Salmah, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada&#xD; mata pelajaran Sains materi sumber daya alam di kelas IV SDN 002 Koto Aman&#xD; Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini&#xD; adalah Apakah Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi Sumber&#xD; Daya Alam di Kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten&#xD; Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat.&#xD; Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011&#xD; dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang laki-laki dan 10&#xD; orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi&#xD; belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains&#xD; pada materi sumber daya alam.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus&#xD; I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi&#xD; &#x201C;Tinggi&#x201D;, dengan skor 69 berada pada rentang 60 &#x2013; 89. Walaupun keaktifan belajar&#xD; siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih&#xD; mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%.&#xD; Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi &#x201C;Sangat Tinggi&#x201D;,&#xD; dengan skor 95 berada pada rentang 60 &#x2013; 89. Kemudian keaktifan belajar siswa pada&#xD; siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar&#xD; 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar&#xD; berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains pada&#xD; materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung&#xD; Hilir Kabupaten Kampar.</description><date>2012-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf</identifier><identifier> Salmah, (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>7819</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Salmah,
title MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI STRATEGI BELAJAR BERPASANGAN SAMPAI BEREMPAT DI KELAS IV SDN 002 KOTO AMAN KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2012
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/7819/1/2012_2012157.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7819/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi sumber daya alam di kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Sains Materi Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui strategi belajar berpasangan sampai berempat. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat untuk meningkatkan keaktifan belajar Sains pada materi sumber daya alam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 69 berada pada rentang 60 – 89. Walaupun keaktifan belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 57,50% atau belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 95 berada pada rentang 60 – 89. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 79,17% atau telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi belajar berpasangan sampai berempat, dapat meningkatkan keaktifan belajar Sains pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 002 Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar.
id IOS7815.7819
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:08:33Z
last_indexed 2019-07-31T02:08:33Z
recordtype dc
_version_ 1674821920485277696
score 17.538404