PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METRIK INGATAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG

Main Author: Putri Helmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7814/1/2012_201293.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7814/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 028 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi metrik ingatan. Agar penelitian dengan menggunakan stategi pembelajaran Metrik Ingatan ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menggangu kelancaran penelitian, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisis, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa statregi Metrik Ingatan dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS siswa dalam materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V sekolah dasar Negeri 028 rimbo panjang kecamatan tambang, dengan hasil observasi diperoleh persentase dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I diperoleh persentase sebesar 57,9% dan siklus II diperoleh persentase sebesar 72,2%.