MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY SD NEGERI 039 AIR TERBIT KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Sulis Ernawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7810/1/2012_201274.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7810/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terbagi atas 13 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 93 berada pada rentang 70 – 104. Walaupun keaktifan belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 66,43% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 118 berada pada rentang 104 – 118. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 84,29% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di kelas V SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.