PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Riska Rahmi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7801/1/2012_201230.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7801/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahuimelaluipenerapanmodelpembelajaranterbalik (Reciprocal Teaching) dapatmeningkatkanhasilbelajar IPSBelajarsiswapadapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Apakah melaluimodel pembelajaranterbalik(Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada pokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar. PenelitianinidirencanakanpadabulanMei sampaidenganbulanJuli2011.Bentukpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Instrume npenelitianiniterdiriatas instrument perangkatpembelajarandan instrument pengumpulan data berupalembarobservasiaktivitasBelajarsiswa. Penelitianinidilakukanlima kali pertemuan. Satupertemuantanpatindakandanempat kali pertemuanmelaluitindakan.UntukmengetahuipeningkatanaktivitasBelajarIlmuPengetahu anSosial (IPS) siswa, maka data tersebutdianalisisdenganmemperhatikanindikatoraktivitasBelajarsiswasebelumtindakand ansesudahtindakandenganmenggunakanteknikpersentase.Darihasiltersebutdapatdiketahu iapakahterjadipeningkatanatautidakaktivitasBelajarsiswadarisetiapsiklus yang telahdilaksanakan.JikaaktivitasBelajarIlmuPengetahuanSosial (IPS) siswadanmasingmasingindikatornyasudahberkategorikuatdenganangkapersentase ≥ 75%, makasiswadapatdikatakantelahmemilikiaktivitasbelajar yang baikselama proses pembelajaran. Berdasarkanhasilpenelitianini, rata-rata persentasehasilBelajarsiswapadasikluspertamacukupbaikdengan rata-rata 66,11%. Padasikluskeduanaikmenjadi 84,44% denganklasifikasisangattinggidanmencapaistandardarinilaiindikatoryang ditetapkan. Olehkarenaitutingkatkeberhasilantelahmelebihi 75% darijumlahseluruhsiswa.Artinya,sebagianbesarsiswatelahmencapai KKM yang telahditetapkan.DengandemikiandapatdisimpulkanPenerapanModelPembelajarandapat meningkatkanhasilbelajar IPS padapokokbahasanPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SDN 009 TeratakKecamatanRumbio Jaya Kabupaten Kampar.