PENGARUH KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS DUA ALIYAH PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Wamdi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/780/1/2011_2011770-.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/780/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei sampai Juni 2011 M/1432 H. lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah pondok pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab, siswa kelas XI AB2, dan Objek penelitian ini adalah Pengaruh kompetensi guru bahasa Arab dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas XI AB2, dan penelitian ini tidak mengambil sampel. Untuk mengetahui Pengaruh kompetensi guru bahasa Arab dan hasil belajar siswa digunakan 3 metode pengumpulan data yaitu Angket, Tes, dan Wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data kuantitatif yang dianalisa dengan menggunakan rumus: F P= – x 100 N Tes digunakan juga untuk mendapatkan data kuantitatif hasil belajar siswa. Dan Wawancara digunakan untuk mendapatkan data kualitatif yang diperoleh dari sumber data primer (guru bahasa Arab) dan dari sumber data scunder (Kepala Sekolah) wawancar dilakukan tujuannya adalah sebagai bahan perbandingan terhadap data angket. Setelah dilakukan analisis terhadap data hasil angket, tes dan wawancara diperoleh angka persentase 80% dan rata-rata hasil studi siswa 71,46 angka ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi guru bahasa Arab dan hasil studi siswa kelas 2 Aliyah pondok pesantren Darel Hikmah Pekanbaru adalah dalam kategori 76 %-100 % (Baik).