PENERAPAN TEKNIK WORDS WALL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS I SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LIPATKAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI
Main Author: | Neneng Triana Rahmawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/770/1/2011_2011656.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/770/ |
Daftar Isi:
- Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lipatkain Kecamatan kampar Kiri. Guru telah menggunakan berbagai macam metode untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa. Namun metode yang digunakan oleh tersebut belum dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara baik. Oleh karna itu peneliti mencoba untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam belajar Bahasa Arab dengan menggunakan teknik words wall. Adapun permasalahannya adalah: 1. Kurangnya motivasi yang bersumber pada diri siswa itu sendiri 2.Metode yang digunakan guru belum dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa 3.Siswa tidak bisa memehami teks bacaan bahasa Arab 4.Siswa tidak bisa mengajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa Arab Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan melalui teknik words wall dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas I di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Kampar Kiri. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes dan observasi. Dan dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus: P = F x 100 % N Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukan penguasaan kosakata siswa rendah yaitu, 58,33% pada taraf (44-55%), kemudian pada siklus pertama dengan menggunakan teknik words Wall meningkat menjadi 63,75% pada taraf cukup (56- 76%). Pada siklus kedua meningkat lagi 72,25% pada taraf yang cukup (56-76%). Dan pada siklus yang ketiga 78,12% pada tingkatan yang tinggi yaitu (76-100%). Jadi penelitian ini menunjukan bahwa teknik words wall dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam belajar Bahasa Arab.