STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN QURBAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH PEKANBARU

Main Author: Mira Apridayanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7682/1/2013_201322PS.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7682/
Daftar Isi:
  • Lembaga keuangan syariah merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran yang opersionalnya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Dalam menjalankan fungsi sebagai lembaga yang menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat maka lembaga keuangan tidak akan terlepas yang namanya marketing atau pemasaran. Marketing atau pemasaran bukan hanya proses suatu produk tertentu kepada konsumen atau pelanggan, tetapi lebih dari pada itu marketing adalah proses merencanakan dan melaksanakan konsep, memberi harga, melakukan promosi, mendristibusikan ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi. Suatu lembaga keuangan yaitu Lembaga Amil Zakat Swadaya Umman Pekanbaru memiliki suatu produk yaitu Dompet Qurban yang berfungsi untuk tabungan menjelang Qurban. Adapun permasalahan yang penulis angkat adalah bagaimana strategi yang dilakukan dalam memasarkan produk Tabungan Qurban kepada masyarakat dan kendala apa yang dihadapi dalam pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk Tabungan Qurban. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Pekanbaru dengan populasi 20 orang, terdiri dari pimpinan cabang, staf LAZ Swadaya Ummah Pekanbaru , dan penulis mengambil 3 orang sampel. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Setelah data tersebut terkumpul penulis melakukan metode penulian deduktif, induktif dan dekriftif. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisa dekriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Pekanbaru, penulis menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh pihak LAZ dalam mengenalkan produk Tabungan Qurban pada masyarakat sudah efektif dan boleh dibilang baik, hal ini terlihat dengan strategi yang digunakan oleh para marketing. Akan tetapi marketing juga harus memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kendala dalam mengenalkan serta meningkatkan jumlah nasabah Tabungan Qurban bisa teratasi.