ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA MAKANAN DAN MINUMAN PADA PUJASERA DENDANG SARI DI SUNGAI GUNTUNG KAB. INDRAGIRI HILIR
Main Author: | Harianto, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7624/1/2012_201265MEN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7624/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Pujasera Dendang Sari yang terletak di Sungai Guntung Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penjualan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian jasa makanan dan minuman pada Pujasera Dendang Sari di Sungai Guntung Kab. Indragiri Hilir. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara sengaja, dengan catatan sampel tersebut mempunyai hubungan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS V.13. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan program SPSS terbukti bahwa secara parsial produk, lokasi dan pelayanan mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian jasa makanan dan minuman pada Pujasera Dendang Sari di Sungai Guntung Kab. Indragiri Hilir, ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel produk, signifikan sebesar 0,001 < 0,05 untuk variabel lokasi dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel pelayanan, sedangkan secara simultan produk, lokasi, promosi dan pelayanan mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian jasa makanan dan minuman pada Pujasera Dendang Sari di Sungai Guntung Kab. Indragiri Hilir, ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 88,998 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R sebesar 0,888, berarti hubungan keeratan secara bersama-sama antara variabel dependen dan variabel independen sangat kuat karena R sebesar 0,888 berada diantara 0,80-1,00. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,780 yang artinya 78% produk, lokasi, promosi dan pelayanan mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian jasa makanan dan minuman pada Pujasera Dendang Sari di Sungai Guntung Kab. Indragiri Hilir, sedangkan sisanya (100% - 78% = 22%) dipengaruhi sebab-sebab lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Keyword : Produk, lokasi, promosi, pelayanan dan keputusan pembelian.