ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KAWAT GIGI (BEHEL) PADA MAHASISWA FEKONSOS UIN SUSKA RIAU

Main Author: Muhammad Faisal,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7594/1/2012_2012327MEN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7594/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang dimulai sejak bulan juli 2011 hingga selesai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk Kawat Gigi (Behel) pada Mahasiswa Fekonsos UIN Suska Riau Adapun Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Slovin. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan analisa Regresi Linear Berganda dengan bantuan perangkat SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil uji Regresi Linear Berganda diperoleh persamaan: Y = 1.216 + 0.204 X1 +0.410 X2 + 0.427 X3 + 0.123 X4 + e. Kemudian dari hasil Uji Simultan (Uji F) diketahui bahwa variabelkebudayaan, sosial, pribadi danpsikologissecara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadapperilaku konsumen dalam melakukan pembelian Produk Kawat Gigi (Behel) pada Mahasiswa Fekonsos UIN Suska Riau. Sedangkan berdasarkan hasiluji secara Parsial (Uji t) diketahui bahwa variabelkebudayaan, sosial, pribadi dan psikologissecara parsial berpengaruh signifikan terhadapperilaku konsumen dalam melakukan pembelian Produk Kawat Gigi (Behel) pada Mahasiswa Fekonsos UIN Suska Riau. Sedangkan berdasarkan perhitungan nilai Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0.788, sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,776. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-samaKebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian Produk Kawat Gigi (Behel) pada Mahasiswa Fekonsos UIN Suska Riau sebesar 77,6 %. Sedangkan sisanya sebesar 22,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kata Kunci:Keputusan Pembelian, Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis.