MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMES SISWA KELAS VIIA MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Sabedah Simatupang,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/756/1/2011_2011566-.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/756/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media games dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan media games siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan April 2011. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan media games siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan hasil belajar siswa rendah yaitu, 18,75% pada taraf (kurang dari 40%), kemudian pada siklus pertama dengan menggunakan media games meningkat menjadi 50% pada taraf kurang (40-55%). Pada siklus kedua meningkat lagi 84,375% pada taraf tinggi yaitu (76-100%). Pada siklus yang ketiga 90,625% pada taraf tinggi yaitu (76-100%). Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa media games dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Arab.