Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (variabel X) dan kemandirian siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai, sedangkan objeknya adalah pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai yang berjumlah 299 orang, karena jumlah populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 75 orang. Pengumpulan data diambil melalui tes, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai, dengan kontribusi pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa adalah 0,386 x 100% = 38,6%, sedangkan 61,4% (100% - 38,6%) dipengaruhi oleh faktor lain. Di mana ro = 0,621, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,232 < 0,621 > 0,302, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.