PENERAPAN METODE THE STUDY GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPAR TIMUR
Main Author: | Arni Susanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7400/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7400/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan metode the study group di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan metode the study group dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Keputusan Bersama di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode the study group untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 49,16%, setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 58,33% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Baik” karna 58,33% berada pada rentang 56%- 75%. Sedangkan pada siklus dua meningkat menjadi 82,50% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karna 82,50% berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%, dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui penerapan metode the study group maka aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur dapat ditingkatkan.