STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BRISYARIAH IB PADA PT. BANK BRI SYARIAH CABANG PEKANBARU
Main Author: | Yulius Marno, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7388/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/2/BAB%201.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Produk Tabungan BRIsyariah iB Pada PT.Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru”. Lokasi penelitian ini berada pada PT.Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini adalah Pimpinan dan karyawan serta nasabah Bank BRI syariah Cabang Pekanbaru yang berjumlah 6193. Dari populasi diatas penulis mengambil sampel dengan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu yang penulis maksud disini misalnya orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan,sehingga akan memudahkan penulis dalam menjelajahi objek yang diteliti. Data diperoleh dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket yang kemudian di analisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan metode induktif dan deduktif. Salah satu dari bank-bank Syari’ah di Indonesia adalah Bank BRI Syari’ah Cabang Pekanbaru yang merupakan lembaga keuangan kegiatan utamanya adalah menghimpun dan menyalurkan untuk masyarakat. Bank BRI Syari’ah Cabang Pekanbaru mempunyai strategi-strategi pemasaran pada setiap produk-produk yang mereka tawarkan hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan berminat untuk mengambil manfaat dari produl produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya. Tabungan Utama IB adalah salah satu produk yang ditawarkan Bank BRI Syari’ah Cabang Pekanbaru kepada masyarakat dan tabungan utama IB ini merupakan simpanan wadi‟ah yang memungkinkan investasi sesuai syari’ah sekaligus memperoleh kemudahan mengelola dana selayaknya tabungan. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh Bank BRI Syari’ah Cabang Pekanbaru dalam menarik minat nasabah yang meliputi perumusan strategi pemasaran tabungan BRIsyariah iB, dan faktor penghambat dan pendukung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitaitf deskriptif. Metodologi penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Strategi-strategi yang dilakukan Bank BRI Syari’ah Cabang Pekanbaru untuk menarik minat nasabah dalam pemasaran diantaranya yaitu mengadakan promosi-promosi melalui opentable pameran, melakukan redesain benefit dari produk-produk yang sudah ada dan pelayanan teknologi channel yang beragam. Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Strategi pemasaran.