KORELASI HASIL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA MTS GUPPY BANDAR SUNGAI KECAMATAN SABAK AUH KABUPATEN SIA
Main Author: | Evi Rahayu, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/735/1/2011_2011297-.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/735/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam belajar bahasa arab di MTs guppy Bandar sungai kecamatan sabak auh kabupaten siak dan untuk mengetahui korelasi hasil belajar terhadap motivasi siswa dalam belajar bahasa arab dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini adalah mengapa siswa kurang termativasi dalam belajar bahasa arab padahal hasil belajar mereka telah diinformasikan kepada para siswa supaya mereka termotivasi untuk belajar bahasa arab. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs guppy Bandar sungai kecamatan sabak auh kabubaten siak, dan objeknya adalah hasil belajar siswa dan motivasi siswa dalam belajar bahasa arab. sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ada diMTs guppy bandar sungai sabak auh kabupaten siak sebanyak 210 siswa. Sedangkan sampelnya diambil dari kelas 3 A dan 3 B sebanyak 66 siswa. Peneliti menggunakan angket dan dokumentasi kemudian diperkuat dengan observasi dalam mengumpulkan data. Karena data penelitian ini bersifat data interval dan data ordinal maka digunakan rumus korelasi serial : Rumus ∑ ∑ − − = p O O Sd O O M r r t tot r t ser {( )2 ( () ) Setelah data dianalisis dengan rumus tersebut, kemudian peneliti mendapatkan ��� = 0,936 lebih besar dari � pada tarif signifikan 5% = 0,250 maupun pada tarif signifikan 1% = 0,325 ( 0,250>0,936 <0,325 ). Maka dengan demikian �� diterima dan H� ditolak yang berarti ada korelasi positif yang signifikan antara hasil belajar dengan motivasi siswa MTs guppy bandar sungai kecamatan sabak auh kabupaten siak.