�� �� �� ا ��� �� را �� ا ������ ط وا ������ ���� ��� ط � � ار !��" #$ ا % & ا #�' �(�)� %� �* ا %+",�-� ا %� ر�)��� %��#�� ا %.�� ا "�" ى ه #�1 را �, ا
Main Author: | Yuni Khairia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/73/1/2011_201154.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/73/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ( 1 ) Apakah ada hubungan yang sighnifikan antara aktivitas belajar dan prestasi siswa pada bidang studi bahasa arab di Mts pondok pesantren khairul ummah?, ( 2 ) Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi siswa pada bidang studi bahasa arab itu rendah?. Aktivitas belajar jenis datanya adalah data ordinal ( berjenjang ) dan prestasi belajar bahasa arab jenis datanya adalah data interval. Untuk mendapatkan data aktivitas belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa, penulis menyebarkan angket sebanyak 106 angket dan untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar siswa penulis melakukan observasi terhadap rekapitulasi nilai bahasa arab. setelah data dikumpulkan , maka penulis melakukan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi serial. Dari analisis data diperoleh rch = 0,001 dan r tabel 0,174 pada taraf sighnifikan 5%. Maka dari penelitian ini yang diterima adalah Ho, karena r hitung lebih kecil dari r tabel. Hal ini berarti tidak ada hubungan yang sighnifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi bahasa arab di Mts pondok pesantren khairul ummah. Jawaban rumusan masalah kedua, dari angket yang disebarkan maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan prestasi siswa pada bidang studi bahasa arab di Mts pondok pesantren khairul ummah air molek rendah selain aktivitas belajarnya adalah : 1. Kemampuan siswa dalam menguasai pelajaran bahasa arab masih rendah 2. Fasilitas dan media pembelajaran bahasa arab kurang memadai 3. Kurangnya perhatian orang tua terhadap anakanya dalam belajar bahasa arab.