EFEKTIFITAS STRATEGI “ACTIVE LEARNING” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI LIPAT KAIN KAMPAR KIRI

Main Author: Adrian,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/727/1/2011_201157.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/727/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pada kemampuan membaca antara siswa yang diajar dengan strategi “Active Learning” dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi “Active Learning” dalam pembelajaran Bahasa arab di MTs Negeri Lipat Kain Kampar Kiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kls VIII Tsanawiyah MTs Negeri Lipat Kain Kampar Kiri, dan objeknya adalah efektifitas strategi “Active Learning” untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Lipat Kain Kampar Kiri. Peneliti menggunakan Test dan observasi dalam mengumpulkan data. Test tersebut dilaksanakan sebelum menngunakan metode eksperimen (Aktive Learning) dan sesudah menggunakan metode tersebut, dan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus : Χ 100 % Ν Ρ = f 2 2 1 1     Ν −  +    Ν − Μ − Μ = SDx SDy x y to Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan Membaca siswa yang diajar dengan strategi Akive Learning dan siswa yang diajar tanpa menggunakan “Aktive Learning”. Karena nlilai To = 4,29 lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,02 dan pada taraf 1% = 2,71, ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak, dan data observasi mencapai 85,4% (bagus) karena pada tingkatan 65% - 85%.