PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN THAHARAH DI SMP NEGERI 06 KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Joneidi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/72/1/2011_201151.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/72/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran think-talk-write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 06 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran think-talk-write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada Pembelajaran Thaharah di SMP Negeri 06 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 06 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran think-talk-write (TTW). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tes “t” melalui program SPSS 16.0 Program Windows. Analisis data menunjukkan bahwa data penerapan strategi pembelajaran think-talk-write diperoleh To= -3,889 lebih besar dari Ttabel baik pada taraf singnifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,04<- 3,889>2,75). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan output SPSS tentang hasil belajar siswa, rata-rata skor hasil belajar setelah penerapan (75,03) lebih tinggi dari pada rata-rata skor hasil belajar sebelum penerapan (68,55).Berarti ada pengaruh signifikan dari penerapan strategi pembelajaran think-talk-write terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 06 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran think-talk-write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada Pembelajaran Thaharah di SMP Negeri 06 Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yaitu berupa peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan dibandingkan dengan hasil belajar sebelum penerapan.