Daftar Isi:
  • Iklan/promosimerupakanbentukpenyampaianinformasimengenaiproduk/jas adanjugamenjadistrategibagipelakuusahauntukmenawarkanhasilproduk/jasanyake padaparakonsumen.Tingginyapersaingandalamduniausahaseringterjadiproduk/jasa yang ditawarkanolehparapelakuusahamelaluiiklannyatidaksesuaidenganfaktanyasertatid aksesuailagidenganperaturanperundang-undangankhususnyaUndang- UndangNomor8 Tahun1999 TentangPerlindunganKonsumen. Adapunyang menjadipermasalahanpenelitianiniadalahBagaimanakahPertanggungjawabanPelak u Usaha diKota PekanbaruTerhadapIklan Dimedia Massa MenurutUndang- UndangNomor 8 Tahun 1999 TentangPerlindunganKonsumen, danBagaimanakahEfektifitasUndang-UndangNomor 8 tahun 1999 dalammemberikanperlindungankonsumenterhadapiklan di Kota Pekanbaru. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan (hukumsosologis) denganmengambillokasi di Kota Pekanbaru.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuilebihdalambentuktanggungjawa bpelakuusahaterhadapiklan diMedia Massa DiKota Pekanbaru, danuntukmengetahuiEfektifitasUndang-UndangNomor8 Tahun1999 dalammemberikanperlindungankonsumenterhadapiklan di Media Massa DikotaPekanbaru. Metode yang digunakandalampengumpulan data adalah, observasi, wawancara, angketdanmenganalisabuku-buku yang berhubungandenganpenelitianini.Data daripenelitianiniterdiridari data primer dansekunder yang kemudiandianalisamenggunakananalisakualitatif. Dari hasilpenelitian yang dilakukanolehpenulisdapatdisimpulkanbahwatanggungjawabpelakuusahaterhadapi klan diKota Pekanbarulebihmengarahhanyakepadasanksiatasperbuatan yang dilakukannyasaja, adapunSanksitersebutberupadendaatautuntutangantirugi. SedangkantentangefektifitasUndang-UndangNomor8 Tahun1999 dalammemberikanperlindungankonsumenterhadapiklandiKota Pekanbarubelumberjalandenganefektif, terbuktimasihadaiklan yang tidaksesuaidenganUndang-UndangNomor8 Tahun1999 TentangPerlindunganKonsumen.