HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Irma Yanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7076/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7076/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kondisi sosial dan pendidikan orang tua dengan motivasi belajar ekonomi siswa Kelas XI SMA LKMD Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Kondisi Sosial Ekonomi Orang tua ( variabel bebas/indenpendent atau variabel X1), Pendidikan Orang Tua ( Variabel Bebas/ independent X2) dan Motivasi Belajar ekonomi siswa (variabel Dependent/ terikat atau variabel Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA LKMD Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA LKMD Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 106 orang, karna banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 50% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 53 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua vareabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data di analisis dengan korelasi Parsial dengan bantuan program computer SPPS for window versi 16.0. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kondisi Sosial Ekonomi dan Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA LKMD Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Koefisien Determinasi (R2) = 0.491 atau 491% yang artinya besarnya konstribusi sosial (X1) dan Pendidikan orang tua (X2) terhadap motivasi belajar ekonomi siswa (Y) adalah 49.1% sedangkan sisanya 50.9% dipengaruhi oleh faktor lain.