PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Hidaya Tussalimah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7073/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/8/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Data dianalisis dengan bantuan perangkat komputer dengan program SPSS (Statistical Program for Sosial Science). Berdasarkan analsis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control yaitu 85.55 pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control yaitu sebesar 81.00 Berdasarkan analisis uji t diketahui to = 3.241 lebih besar dari tt tarafsignifikan 5% maupun 1% (2.00<3.241>2.65). Dengan adanya perbedaan tersebut berarti ada pengaruh yang signifikan penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-U P terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. .