Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini berjumlah satu orang guru Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena populasinya kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yaitu mengadakan pengamatan langsung pada objek penelitian dan wawancara. Analisa data yang digunakan adalah data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru tergolong “Baik” dengan persentase 76,3%.