PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP IT AL ULUM PEKANBARU
Main Author: | Hagus Suryani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7069/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7069/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan teknik Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Al Ulum Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan teknik Two Stay Two Stray dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Al ULum Pekanbaru tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 146 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII Arafah dan VIII Jeddah, di mana kelas VIII Arafah sebagai kelas eksperimen yang menggunakan teknik Numbered heads together dan Two Stay Two Stray dan kelas VIII Jeddah sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, empat kali pertemuan menerapkan teknik Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan teknik Two Stay Two Stray dan satu kali mengadakan post-test. Hasil penelitian mengenai hasil belajar matematika siswa dilakukan dengan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,91 dan nilai ttabel adalah 2,021. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,91 > 2,021 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan teknik Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan teknik Two Stay Two Stray dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga terdapat pengaruh penerapan teknik pembelajaran Numbered Heads Together dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa SMP IT Al Ulum Pekanbaru.