PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF GAMES ONLINE PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU
Main Author: | Fitri Yeni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/7068/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/7068/ |
Daftar Isi:
- Penelitiaan ini adalah untuk mengetahui dampak negatif games online pada siswa dan peran guru pembimbing dalam mengatasi dampak negatif games online pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah peran guru pembimbing dalam mengatasi dampak negatif games online pada siswa, sedangkan yang menjadi subyeknya adalah guru pembimbing. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan presentase. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan data yang terkumpul melalui observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak bermain games online pada siswa dilihat oleh guru pembimbing dari fakta-fakta yang sudah ditangani seperti anak menjadi malas belajar, suka bolos ketika jam pelajaran, suka melawan orang tua, lupa waktu. Sedangkan peran guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru belum berperan aktif secara maksimal dalam mengatasi masalah dampak negatif games online pada siswa karena: (1) pelaksanaan layanan yang masih kurang berjalan dengan baik, (2) kurangnya tenaga kerja guru pembimbing, (3) mengevaluasi, menganalisis, dan tindak lanjut dapat berjalan baik. Dari hasil observasi akhir terhadap 2 guru pembimbing dalam aspek pengamatan terbanyak “Ya” sebanyak 39 atau 59,1%. Jika dimasukkan dalam tolak ukur penelitian peran guru pembimbing dalam mengatasi dampak negatif games online pada siswa terletak pada kategori 41-60% sehingga dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa peran guru pembimbing dalam mengatasi dampak negatif games online pada siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru dikatagorikan kurang aktif. Kata Kunci : Guru Pembimbing, Dampak Negatif, Games Online.