Efektivitas Language Control Method (Simplification Method) dengan Menggunakan Media Flannel Board dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa MTs Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kampar

Main Author: Ana Purwanti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/7066/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/5/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/7066/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas language control method (simplification method) dengan menggunakan media flannel board dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB di MTs Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kampar dan guru (peneliti), dan objeknya adalah efektifitas language control method dengan menggunakan media flannel board dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa. Peneliti menggunakan observasi dan test untuk mengumpulkan data. Observasi dilaksanakan setiap kali pertemuan pada proses pembelajaran eksperimen. Dan test dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan language control method dengan menggunakan media flannel board. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan language control method dengan menggunakan media flannel board dengan tanpa menggunakan metode dan media tersebut. Karena dari hasil observasi diperoleh persentase 68,51% dengan kategori “Baik” karena terletak pada interval 56% - 85%. Dan dari hasil T-test diperoleh nilai = 2,77 yang berarti lebih besar dari " " tabel pada taraf signifikan 1% = 2,00 dan taraf signifikan 5% = 2,65. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil obssevasi dan t-test (To), ini berarti bahwa language control method (simplification method) dengan menggunakan media flannel board efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab bagi siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Pantai Raja Kampar.