Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Koperasi Lecah Mandiri Unit Simpan Pinjam (USP) Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa fenomena yang terjadi pada Koperasi Lecah Mandirisepertipencairandana yang seringtertunda, pilihkasihdanpengurusseringtidakada di tempat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakuan penelitian dengan permasalahan bagaimanakualitaspelayanan pada Koperasi Lecah Mandiri Unit Simpan Pinjam Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, danbagaimanatinjauanEkonomi Islam terhadap kualitaspelayananpada Koperasi Lecah Mandiri Unit Simpan Pinjam Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) yang dilakuan pada usaha“Koperasi Lecah Mandiri Unit Simpan Pinjam (USP) Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang telah mengajukan pembiayaan pada tahun 2014 sebanyak 180 orang. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 dari 180 anggota koperasi. Metode yang digunakan adalahrandom sampling. Yakni teknikpengambilansampeldimanasemuaindividudalampopulasibaiksecarasendiri- sendiriataubersama – samadiberikesempatan yang samauntukdipilihsebagaianggotasampel. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari pimpinan dan karyawan koperasi beserta nasabah koperasi lecah mandiri. Sedangkan data skunder berasal dari tangan kedua atau diperoleh dari pendapat ahli, buku-buku, dokumen – dokumen yang berkaitan dengan masalah diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan yang ada pada koperasi lecah mandiri belum memberikan jasa pelayanan yang memuaskan bagi nasabah,masih adasebagian karyawan yang tidak bisa melayani nasabah dengan baik. Salah satunyabelum tersedia sarana dan prasarana yang lengkap, sikap pengurus belum baik, karyawan belum bertanggung jawab kepada setiap anggota, karyawan belum mampu melayani secara cepat dan tepat, belum mampu berkomunikasi dengan baik, sebagian karyawan sudah memberikan jaminan kerahasiaan setiap transaksi, belum memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik, belum bisa memahami kebutuhan anggota, belum memberikan kepercayaan kepada anggota, dan karyawan USP belum bersikap ramah tamah. Sehingga dapatdisimpulkanbahwapelayanan yang diberikanolehkoperasi USP belumsesuaidenganprinsipekonomi Islam baik dari segi tangible (kemampuan fisik), realibility (segi keandalan), responsivenees (daya tanggap), danemphaty (perhatian).