ANALISIS PEMASARAN USAHA BAKSO MATARAM DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (StudiKasus di JalanKhaharuddinNasutionKecamatan Bukit Raya Pekanbaru)
Main Author: | Winda Zulian, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6943/1/fm.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/2/BAB%20I%281%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/7/em.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6943/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul, “Analisis Pemasaran Usaha Bakso Mataram Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus di Jalan Khaharuddin Nasution Kecamatan Bukitraya Pekanbaru)”. Penelitian bersifat penelitian lapangan (Field Research) yakni bakso mataram yang berlokasi di Jalan Khaharuddin Nasution Kecamatan Bukitraya Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemasaran usaha bakso mataram di Jalan Khaharuddin Nasution Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru sehingga mampu mempertahankan usaha tersebut sedangkan banyak usaha yang sama yang tidak mampu mempertahankan usahanya, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemasaran usaha bakso Mataram serta bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap pemasaran usaha bakso mataram di Jalan Khaharuddin Nasution Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen bakso mataram di jalan khaharuddin nasution kecamatan bukitraya pekanbaru. Total populasi peneliti adalah 120 orang yang terdiri dari 1 orang pemilik bakso mataram dan 19 orang karyawan bakso mataram dengan mengguanakan metode purposive sampling. Dan 200 orang konsumen dengan menggunakan metode incidental sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pemasaran bakso mataram memiliki cita rasa produk yang enak sehingga membuat konsumen akan kembali lagi ketempat tersebut, memiliki kualitas produk yang sangat baik, harga yang mudah terjangkau bagi semua kalangan konsumen, memiliki tempat yang strategis membuat konsumen nyaman berada di bakso mataram tersebut, memiliki pelayanan yang baik terhadap konsumen bakso mataram dan juga melakukan kegiatan promosi terhadap produk-produk bakso mataram. Dan faktor pendukung dalam memasarkan bakso mataram adalah karena tempat yang strategis maka akan banyak konsumen,namun adapun faktor penghambat yaitu apabila mahasiswa masa liburan maka omset agak menurun disebabkan pada umumnya konsumen bakso mataram yaitu kalangan mahasiswa. Secara umum pemasaran bakso mataram di Jalan Khaharuddin Nasution Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru sudah sesuai dengan pemasaran dalam konsep Ekonomi Islam yaitu dari segi produk, harga, tempat, promosi dan pelayanan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.