Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan penulis, ditemukan bahwa, siswa belum mampu memahami sebuah bacaan dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, sebagian siswa kurang memahami tentang isi dari teks bacaan dan tidak bisa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan. Jadi, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh penggunaan strategi TELLS terhadap pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini diadakan di SMAN 2 Bangkinang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMAN 2 Bangkinang, dan objek dari penelitian ini adalah dampak dari penggunaan strategi TELLS. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 60 siswa. Peneliti menggunakan Cluster sample yang hanya mengambil dua kelas sebagai sampel: kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok experimen, dan kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Jadi, jumlah sampel dari dua kelas tersebut adalah 60 siswa. Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan formula independent-sample T-test melalui SPSS. Setelah data dianalisis, peneliti menemukan pengaruh yang signifikan dari strategi TELLS untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa tahun kedua SMAN 2 Bangkinang, dimana to 14.094 lebih tinggi dari pada T-table baik pada 5% =2.00 maupun pada 1% = 2.65. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima dengan 2.00<14.094>2.65. Jadi, dapat di ketahui bahwa strategi TELLS adalah strategi yang efektif untuk mengajarkan skill reading, khususnya untuk siswa tahun kedua di SMAN 2 Bangkinang.