Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Hasil ini diperoleh dari hasil r hitung, yang ternyata r hitung = 0.625 lebih besar dari r tabel baik taraf signifikansi 5% maupun 1% (0.381 <0.625> 0.487). Adapun besar persentase pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak Kecamatan Rumbio Jaya adalah 39%, sedangkan sisanya sebesar 61% (100%-39%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.