Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran type group investigasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al- fajar kota Pekanbaru.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah tsanawiah Al Fajar Pekanbaru.Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah tsanawiah Al Fajar Pekanbaru tahun ajaran 2014-2015.Objek penelitian adalah penggunaan strategi group investigasi danmotivasi belajar Fiqih.Untuk mengumpulkan data penulis menggunakana ngket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian di analisa dengan rumus teknik statistik nonparametris dengan menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan strategi Pembelajaran Gruop investigasi dan siswa yang belaja rmenggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. 2- tailed < 0,05 (0,033 < 0,05).Hal ini diperkuat juga dari mean yang diperoleh oleh kedua kelas, dimana mean kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut- turut adalah 42,3 dan 40,67. Artinya, dari adanya perbedaan maka terdapat Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Group Investigasi terhadap Motivasi Belajar Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Kota Pekanbaru..