Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi Card Sort dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi strategi Card Sort dalam Pendidikan Agama Islam. Populasi dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang guru. Mengingat populasi penelitian ini tidak banyak, maka penulis tidak mengadakan penarikan sampel. Jadi semua subjek diteliti sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan akan diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data yang bersifat kualitatif dan data yang bersifat kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa implementasi strategi Card Sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak adalah Baik, dengan persentase 62,5%. Belum terimplementasikannya secara maksimal, dikarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhi adalah faktor kurangnya waktu, kurangnya buku-buku penunjang, fasilitas atau media yang digunakan dalam strategi Card Sort, kurangnya keaktifan siswa dalam mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran, inilah faktor yang jadi penghambat. Sedangkan faktor pendukung implementasi Card Sort ini adalah faktor latar belakang guru, lama mengajar, dan pelatihan yang pernah diikuti oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.