PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Afrida, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6911/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6911/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media internet terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebutuhan dan kelangkaan di kelas X MAN Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan media internet terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 107 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Science) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media internet sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasyah Aliyah Negeri Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dengan kontribusi penggunaan media internet terhadap hasil belajar siswa adalah 0.483 X 100% = 48,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,695, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 <0,695> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak